Bio Informatika

Bio informatika menurut wikipedia berarti ilmu yang mempelajari penerapan teknik komputasional untuk mengelola dan menganalisis informasi biologis. Bidang ini mencakup penerapan metode-metode matematika, statistika, dan informatika untuk memecahkan masalah-masalah biologis, terutama dengan menggunakan sekuens DNA dan asam amino serta informasi yang berkaitan dengannya. Contoh topik utama bidang ini meliputi basis data untuk mengelola informasi biologis, penyejajaran sekuens (sequence alignment), prediksi struktur untuk meramalkan bentuk struktur protein maupun struktur sekunder RNA, analisis filogenetik, dan analisis ekspresi gen.
Ilmu bio informatika lahir atas insiatif para ahli ilmu komputer berdasarkan artificial intelligence. Mereka berpikir bahwa semua gejala yang ada di alam ini bisa diuat secara artificial melalui simulasi dari gejala-gejala tersebut. Untuk mewujudkan hal ini diperlukan data-data yang yang menjadi kunci penentu tindak-tanduk gejala alam tersebut, yaitu gen yang meliputi DNA atau RNA. Bio informatika ini penting untuk manajemen data-data dari dunia biologi dan kedokteran modern. Perangkat utama Bio informatika adalah program software dan didukung oleh kesediaan internet.

Bio informatika memiliki peran yang sangat besar dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan digunakan dalam bebrbagai bidang, misalnya :
# Bidang pendidikan

Digunakan untuk sumber atau acuan untuk membantu penelitian yang bersangkutan dengan ilmu biologi dalam pendidikan, seperti pembuatan tesis, atau penulisan ilmiah.


# Bidang kedokteran
Bio informatika merupakan ilmu yang esensial dalam dunia Biologi dan Kedokteran modern. Tidak berlebihan kalau saat ini dunia Biologi dan Kedokteran tidak akan jalan tanpa Bio informatika. Perananannya mencakupi dari manajemen data klinis pasien, diagnosa penyakit, sampai pada penemuan obat penyakit. Bahkan di masa yang akan datang diramalkan bahwa manusia akan bisa mendapat personal care sesuai dengan sifat genetikanya. Namun hasil analisa melalui Bio informatika tidak bisa langsung digunakan dan harus melalui uji langsung di laboratorium dan uji kilinis (clinical test). Ini disebabkan karena analisa melalui Bio informatika adalah hasil simulasi yang harus dibuktikan lagi. Seperti ilmu-ilmu lainnya, Bio informatika juga tidak bisa berdiri sendiri dan harus didukung oleh disiplin ilmu lain yang mengakibatkan saling membantu dan menunjang dan harus bermanfaat untuk kepentingan manusia.

# Bidang Perthanan keamanan
Mungkin jarang kita mendengar Bio informatika berhubungan dengan dunia pertahanan dan keamanan, tapi pada faktanya bio informatika sudah digunakan penerapannya dalam dunia perthanan keamanan. Salah satu pemanfaatan pada bidang ini adalah peran bio informatika dalam masalah senjata biologis, sehingga para ahli bidang ini dapat meneliti efek dan hal yang dapat diakibatkan oleh senjata bilologis ini serta dapat mengetahui jenis senjata biologis apa yang telah dibuat.