OpenGL dan Visual C++

OpenGL adalah suatu graphics library yang sebagian bersifat open source, dapat dipakai pada banyak platform (Windows ataupun Linux) dan dapat digunakan pada berbagai jenis compiler bahasa pemrograman seperti C++, Delphi ataupun VB. Jadi dengan kata lain OpenGL adalah sebuah library tambahan yang dapat ditambahkan dalam berbagai platform dan bahasa pemrograman yang berbasis graphics.
Dalam membuat sebuah graphics dalam Visual C++ tidak dapat naksimal karena kurang mendukungnya library-library yang dimiliki Visual C++ untuk membuat sebuah graphics, maka dibutuhkan suatu library graphics seperti OpenGL. Selain alasan ditas penggunaan OpenGL pada Visual C++ adalah untuk memudahkan dan agar lebih efisien dalam pembuatan sebuah graphics.
Oleh karena itu dsini saya akan mencoba memberikan cara – cara menambahkan atau mengkonfigurasi OpenGL pada Visual C++. Dalam hal ini Visual C++ yang digunakan adalah Visual C++ 6.0.
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memastikan apakah Visual C++ 6.0 sudah terinstal pada computer anda. Jika sudah anda pastikan bahwa Visual C++ 6.0 telah terintegrasi di computer anda, maka anda harus mendownload library OpenGL disini.
Setelah anda selesai mendownload file OpenGL.rar maka langkah selanjutnya adalah meng-ekstract file tersebut dan pastikan terdapat file glut.h, glut32.lib, dan glut32.dll.

Setelah semua file dipastikan telah ada maka tambahkan atau pindahkan file glut32.dll pada directory C:\WINDOWS\system.

Kemudian tambahkan atau pindahkan file glut.h pada directory C:\Program Files\Microsoft Visual Studio\VC98\Include\GL.

Langkah terkahir adalah menambahkan atau memindahkan file library glut32.lib pada directory C:\Program Files\Microsoft Visual Studio\VC98\Lib.

Selamat membuat graphics pada Visual C++ 6.0